Sabtu, 29 Mei 2010

Mengaktifkan dan Menon-aktifkan User Account Control (UAC) pada Windows Vista

         
User Account Control atau disingkat UAC adalah salah satu fitur baru pada Windows Vista yang berfungsi membantu melindungi komputer dari perubahan pada sistem yang bisa mempengaruhi operasi atau cara kerja Windows. Fitur ini telah aktif dengan sendirinya (default) saat Windows Vista diinstall. Cara kerja fitur ini adalah dengan menghalangi user yang akan melakukan perubahan pada sistem. Ini sering terjadi saat user ingin menginstall sebuah program aplikasi, kemudian UAC akan memunculkan pesan meminta password administrator sebelum melanjutkan penginstalan, bahkan biasanya UAC langsung memblok proses instalasi program.

Kalau dilihat dari fungsinya tersebut, maka fitur ini sangat baik terutama untuk menjaga Windows tetap berfungsi baik dan aman. Namun bagaiman jika komputer hanya anda sendiri yang gunakan atau anda yakin orang lain yang memakai komputer tidak akan berbuat aneh-aneh pada komputer anda? Tentunya fitur UAC ini tidak terlalu diperlukan bahkan bisa cukup merepotkan karena setiap kali meinginstall aplikasi, kita selalu dihalangi oleh UAC. Berikut ini cara untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur UAC.

- Jalankan program Control Panel. (Klik tombol Start > Control Panel).

- Di dalam Control Panel, klik User Accounts and Family Safety > User Accounts.

user-account-control-uac

- Klik tulisan Turn User Account Control on or off.

user-account-control-uac

- Untuk mengaktifkan UAC, beri tanda centang (klik) pada opsi Use User Account Control (UAC) to help protect your computer. Sebaliknya untuk menon-aktifkannya hilangkan tanda centangnya.

- Klik tombol OK. Pada kotak dialog yang muncul, klik tombol Restart Now untuk me-restart komputer saat itu juga. Atau klik tombol Restart Later jika anda belum ingin merestart komputer. Perubahan akan terlihat setelah anda merestart atau menghidupkan kembali komputer.
       

Artikel Lain Yang Berkaitan:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar